» » » » Satpol PP Ciamis Segel Dua Pabrik Aci Kawung di Desa Kertaharja

SJO Ciamis - Satuan Polisi Pamong Praja  (Satpol PP) Kabupaten Ciamis Senin (22/06) pukul 11.00 WIB, menyegel dua pabrik tepung aren (aci kawung) yang dinilai tidak melakukan upaya pengelolaan limbah pabrik. Dua pabrik tepung aren tersebut milik H. Diki dan H. Jaruki di Desa Kertaharja Ciamis. Dua pabrik tersebut dipaksa tutup oleh Satpol PP mulai tanggal 22 Juni 2015 sampai terbit izin dari pemerintah.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan daerah (perda) Satpol PP Udi Wahyudin menjelaskan, dari 13 pabrik tepung aren di Desa Kertaharja, hanya dua pabriki ini (milik H. Diki dan H. Jaruki-red) yang tidak melakukan upaya pengolahan limbah.

"Harus ditutup dahulu demi menjaga keamanan dan ketertiban pabrik,” katanya.

Udi juga mengatakan, jika ke-13 pabrik tepung aren di Desa Kertaharja tidak ada yang memenuhi syarat peraturan perundang-undangan.

“Namun setidaknya mereka sudah memenuhi kesepakatan antara masyarakat, pemilik pabrik dan juga pemerintah. Hasil pemantauan kami, dua pabrik ini kami segel karena tidak memenuhi unsur perjanjian itu,” tambahnya.

Ke depannya, tegas Udi, semua pabrik tepung aren harus memenuhi syarat peraturan perundang-undangan demi kebaikan semua.

“Harus punya IPAL, surat izin lingkungannya harus ada, perizinan IPPT, HO, dari BPPT juga harus ada. Karena pemerintah juga ingin ketertiban dan kemanan terwujud, yang lebih penting aturan ditegakkan,” pungkasnya. (Andi Jepri)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: