» » » Pencairan Dana ADD Di Karawang Terkendala Pagu Anggaran Pemkab

SJO Karawang -Hingga Juni 2015, realisasi Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Karawang belum bisa dicairkan. Sebab, sampai saat ini pihak desa masih menunggu penyerahan pagu dana dari pemerintah daerah (Pemda) setempat.

“Kami saat ini masih menunggu kejelasan dari Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) tentang pagu dana yang akan diterima melalui dana ADD tahun 2015 ini. Mudah-mudahan secepatnya pagu dana itu disampaikan kepada seluruh desa,” kata Indra Kusumah Kepala Desa Cikampek Kota kepada SJO Karawang (16/6)

Setelah pagu dana itu diketahui, sambung Indra, maka pihaknya bersiap melaksanakan proses penyusunan proposal pembangunan di desanya. Proposal itulah yang nantinya akan disodorkan kepada pihak Pemdes sebagai dasar penyaluran ADD.

“Prosesnya dimulai dar pelaksanaan Bimtek yang dilaksanakan oleh Pemdes, kemudian desa akan melaksanakan Musrenbang Desa. Setelah mendapatkan rencana pembangunan, maka kita susunlah Peraturan Desa (Perdes). Terakhir, penyusunan proposal kegiatan pembangunan yang nantinya dibiayai oleh ADD tersebut,” terangnya

Lebih jauh, Indra menyebut pencairan ADD diberikan kepada desa yang lebih dahulu siap dan memenuhi persyaratan serta ketentuan yang berlaku. Penyusunan proposal itupula yang selama ini kerap menjadi kendala bagi aparatur desa.

“Jika proposalnya sudah siap dan memenuhi persyaratan maka dananya bisa langsung dicairkan. Biasanya kendala kita berkaitan dengan penyusunan proposal dan pelaporan pertanggungjawaban ADD. Karena, semua penyusunannya harus sesuai dengan Sistem Administrasi Pemerintahan (SAP),” ungkapnya

Meski demikian, dirinya mengaku sejauh ini pihaknya belum menemukan kendala berarti dalam proses pencairan ADD tersebut. Dia pun senantiasa mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat agar realisasi ADD bisa berjalan dengan baik dan lancar di Desa Cikampek Kota.

“Untuk tahap pertama akan dicairkan 60 persen dan tahap kedua 40 persen. Jika terlambat dalam penyusunan laporan akhir, maka akan diberlakukan sangsi pemotongan untuk tahun anggaran berikutnya. Mudah-mudahan seluruh prosesnya berjalan lancar hingga realisasi ADD bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(Sty)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: