» » » Pemkab Purwakarta Buka Posko Pengaduan Korban Lintah Darat

SJO, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan membuka posko pengaduan kasus renternir atau bank gelap. Pungsi dari posko tersebut untuk menginventarisasi persoalan masyarakat yang terlibat dalam pinjaman kepada renternir. Leading sektor posko ini ada di Bagian Kesra Setda Purwakarta.

Menurut Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, pihaknya serius dalam memberantas praktik bank gelap.

"Karena keberadaan rentenir sangat meresahkan masyarakat. Rentenir tak hanya menjerat para awak angkutan juga, para pedagang yang modal kecil, dan sudah merambah ke pabrik-pabrik dengan sasaran nasabahnya pegawai pabrik, Jadi praktik ini harus segera dihentikan," katanya.

Untuk itu tahap pertama akan dibuka posko pengaduan. Dengan adanya posko ini, diharapkan masyarakat yang dirugikan oleh rentenir bisa melaporkannya. Dengan begitu, akan teridentifikasi alasan kenapa mereka meminjam uang ke lintah darat itu.

Bila alasannya untuk modal usaha, maka peran perbankan selama ini tak berjalan maksimal. Bila karena alasan lain, misalkan untuk biaya ke rumah sakit atau biaya sekolah anak, maka program kesehatan dan pendidikan gratis belum optimal.

Dengan adanya poskos pengaduan ini pemkab bisa mengidentifikasi permasalahan yang dialami warga Masyarakat Purwakarta.

"Kalau sudah ada datanya, pemerintah daerah bisa mencarikan solusi untuk warga tersebut, Supaya warga tak lagi terjerat lintah darat". Kita akan MoU dengan kepolisian untuk menertibkan Renternil," kata Dedi.   (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: