» » » » Ketahanan Keluarga Modal Pembentukan Karakter

SJO, BOGOR -- Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan menuturkan kita harus sepakat, keluarga merupakan unit terkecil dalam sebuah masyarakat yang dapat membentuk karakter generasi bangsa. Keluarga yang awalnya ruang private kini menjadi ruang publik dengan permasalahan sosial yang ada.

"Jika berbicara keluarga maka seluruh stakeholder harus bekerjasama untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi baik dalam kebijakan maupun tataran plementasi," lanjut Netty pada puncak Upacara HARGANAS XXII Tahun 2015 Tingkat Provinsi Jawa Barat  Lapangan Tegar Beriman Cibinong Kabupaten Bogor, Senin (8/6).

Senada dengan Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapaty, dikatakan keluarga merupakan pilar utama dalam pembangunan dan kesejahteraan bangsa. Harganas merupakan momentum upaya membangun bangsa mewujudkan Indonesia sejahtera. Sebagai mitra kerja stakeholder BKKBN meliputi jajaran TNI, Polri dan PKk.

Di lain pihak, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar mengatakan kegiatan Harganas XXII ini sebagai wujud untuk meningkatkan motivasi pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lingkungan  sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter keluarga dalam menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Maka Netty memandang pentingnya ketahanan keluarga untuk menghindari musuh dalam keluarga antara lain pornografi,  human traffiking,  narkoba dan HIV/Aids.  Namun tidak dipungkiri juga pergeseran nilai dan perubahan tatanan kehidupan dimasyarakat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi.

"Kita harus dapat bergerak bersama dengan melakukan gerakan penyadaran masif di masyarakat dalam menyelenggarakan good parenting, menyiapkan secara fisik dan psikologis bagi orangtua muda, merevitaslisasi 8 fungsi keluarga dan mengingatkan peran laki-laki sebagai ayah dalam keluarga," pungkas Netty.

Pada kesempatan ini diberikan pula penghargaan kepada Pelaksana Terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Perilaku hidup beraih dan Sehat, Pelaksnaa Terbaik Lingkungan Bersih dan sehat, pemenang Sapta Lomba Pembanguanan Ketahana Keluarah 2015, serta bantuan sembako kepada 70 kk rawan sosial dan ekonomi dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, juga penyerahan bantuan alat tekonoogi tepat huna dari BkKBN Provisni Jabar kepada 135 kelompol UPPKS se-Jawa Barat.

Harganas XXII turut dihadiri oleh Kepala BKKBN Pusat Surya Chandra Surapati, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar,  Bupati Kabupaten Bogor Nurhayanti, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Giselawati Mizwar, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sugilar,  Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi dan Kepala BP3AKB Provinsi Jawa Barat Neni Kencanawati.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: