» » » » Inilah Kegiatan Semarakan Ramadhan di Masjid Raya Bandung

SJO, BANDUNG- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dirindukan ummat Islam. Maka berbahagialah mereka yang dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh barokah ini. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas ibadah di bulan yang istimewa ini.

“Dalam upaya mengisi dan memanfaatkan momentum emas Ramadhan ini, Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat berupaya memfasilitasi ummat untuk berfastabiqul khairat. Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat telah menyusun berbagai program kegiatan yang diarahkan menuju kebangkitan masyarakat, baik pada ranah intelektual, spiritual maupun social,” kata Ketua Panitia Semarak Ramadhan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat, H. Endang Ma’sum, SH di Sekretariat DKM Masjid Raya Bandung,  Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung..

Kegiatan Ramadhan di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat antara lain tajil bersama dengan menyediakan sekitar 1000 porsi setiap harinya, ceramah dan sholat tarawih dengan penceramah dan imam oleh para ulama/mubaligh, guru besar/dosen perguruan tinggi di Jawa Barat, ceramah subuh, kajian tafsir Al-Qur’an, pesantren ramadhan bekrejasama dengan SMP, SMA/SMK di Kota Bandung, kuliah duha mulai pukul 07.30WIB sampai pukul 08.30 WIB, diisi oleh pemateri Drs.KH. Djadja Zakaria, Drs.KH.E. Bahrul Hayat, MA, DR.KH.M.Badruzaman M Yunus, MA dan Drs.H.O. Zaenal Muttaqin.

Selanjutnya ada bimbingan study Islam Remaja yang dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 7 Ramadhan pukul 05.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB. Para peserta dibagi dalam tingkat SD, SLTP dan SLTA. Sedangkan para pematerinya adalah dari Mudaris/Ustadz Masjid Raya Bandung.

Untuk menambah kecintaan terhadap Al-Qur’an, Panitia menyelenggarakan Tadarus Al-Qur’an yang dipimpin oleh Tim Raudhatul Qurra Masjid Raya Bandung setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga menjelang adzan Maghrib.

Kegiatan I’tikaf menggapai Lailatul Qodar dilaksanakan pada malam ke-27 Ramadhan 1436 H, dengan acara; solat tarawih, khataman Al-Qur’an, muhasabah. Sholat malam, dzikir, sahur bersama dan ditutup dengan sholat subuh berjamaah. Acara ini akan dipimpin oleh KH.A. Thontowi Musaddad, MA.

Bagi yang akan menunaikan zakat, infaq, shodaqoh, wakaf dan fidyah (ziswaf) dapat menghubungi langsung petugas di Masjid Raya Bandung setiap hari pukul 08.00 WIB-21.00 WIB mulai tanggal 1 Ramadhan.

Kemudian kegiatan Takbiran dan Sholat Idul Fitri. Takbiran akan dipandu oleh Tim Muadzin Masjid Raya,. Sholat Idul Fitri diselnggarakan pada tanggal 1 Syawal 1436 H mulai pukul 06.30 WIB.

“Kegiatan Ramadhan di Masjid Raya Bandung ini diharapkan dapat memancarkan ruh dalam meningkatkan kepedulian terhadap sesama serta membangun kemuliaan akhlaq ummat. Panitia mengajak kepada kaum muslimin wal muslimat untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan Ramadhan di Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat,”  pungkas H. Endang. (*)

----

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: