» » » Gubernur Dampingi Wapres RI Buka Asian Conference Of Religions For Peace

SJO, BANDUNG - Asian Conference of Religions for Peace (ACRP) 2015 resmi dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Gedung Merdeka, Rabu (03/06). Hadir pula Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Ketua PP Muhammadiyah sekaligus Ketua ACRP, Din Syamsuddin, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

Tujuan diselenggarakannya konferensi ini untuk mempertegas kembali komitmen dalam menjaga kedamaian antar agama dan keselarasan sosial melaui dialog para anggota dari ACRP dalam mencari cara dan strategi untuk menanggulangi kekerasan oleh pelaku ekstrimisme yang mengatasnamakan agama.

"Lihat saja di Asia sekarang banyak konflik antar agama atau sesama agama. Belakangan, di negara kami (Indonesia), masalah ISIS mengemuka. Itu bukan karena agama tetapi karena masalah ekonomi," kata Jusuf Kalla

JK mengungkapkan bahwa agama hanya kerap dijadikan alasan konflik. Apalagi, yang ditawarkan adalah surga. Tetapi, masalah sesungguhnya adalah ekonomi atau politik. Seperti, konflik di Ambon ataupun di Aceh.

"Kuncinya adalah keadilan dalam politik, ekonomi," papar JK.

Setelah itu,  dilanjutkan dengan Seminar Internasional mengenai "Asian Multi-religious Action to Overcome Violent Religious Extremism" dan dilanjutkan dengan diskusi membahas  strategi dan cara menanggulangi kekerasan dalam agama. Acara konferensi tersebut berlangsung dari 2 - 4 Juni 2015 dan dihadiri 250 orang 60 diantaranya adalah anggota Komite Eksekutif ACRP.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: