» » » » Diduga Asap Pembakaran Limbah Pabrik Selimuti Tol Cipali KM 83

SJO Purwakarta - Diduga Pembakaran limbah pabrik di Kampung Gandaria Desa Karang Mukti Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, kerap menghasilkan asap tebal di tol Cikopo - Palimanan tepatnya di KM 83, jalur A arah Subang.
Dari pantauan seputarjabar.com di lokasi, Kamis (4/6) siang. Diduga adanya pembakaran limbah pabrik di kawasan tersebut, namun asapnya pun membuat tol Cipali berkabut.

Menurut Warga sekitar tempat pembakaran, Maman alias Acuy (35) mengatakan, sejak lama lokasi itu dijadikan tempat pembuangan limbah pabrik yang dikelola oleh warga setempat.

"Dilakukan sebelum jalan tol dibangun juga sudah ada. Limbahnya dikelola warga dan dibuang ke tempat itu dan sekarang memang berada tepat di pinggir jalan tol," tutur Acuy kepada seputarjabar.com di lokasi.

Hal serupa pun dikatakan Uki (45), petugas pelaksana proyek tol Cipali. Ia mengatakan selama bekerja di proyek itu, sering dilakukan pembakaran sampah.

"Cukup sering, kalau sampahnya sudah banyak dibakar dan asapnya masuk ke jalan tol hingga berkabut, seperti yang terjadi sekarang (kemarin)," ujar Uki.

Sementara itu, jika mengacu pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah Pasal 29 ayat 1 huruf g mengatur larangan pembakaran sampah.

Bahkan, aturan itu memuat sanksi pidana denda hingga pidana penjara maksimal 10 tahun dan termasuk kejahatan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Purwakarta Azis Syarifudin mengatakan pembakaran sampah di KM 83 bukan merupakan kewenangan institusinya.

"Soalnya itu berada di wilayah Kabupaten Subang, kewenangan kami hingga KM 83," ujar Azis melalui ponselnya.

Meski begitu, ia menilai pembakaran sampah hingga menimbulkan asap tebal di kawasan jalan tol, akan membahayakan pengguna jalan. Pungkasnya.(DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: