» » » » BAZ Purwakarta Tetapkan Zakat 25 Ribu Per Jiwa

SJO PURWAKARTA - Badan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Purwakarta, menetapkan besaran Zakat Fitrah senilai Rp.25.000 per jiwa atau 2,5 kilogram beras.

“Besaran zakat fitrah tersebut merupakan hasil rumusan dan rekomendasi dari sejumlah lembaga terkait,” kata Sekretaris BAZ Purwakarta, Yusep Solehudien kepada Seputarjabar.com,  Jumat (26/6).

Menurutnya, besaran zakat fitrah adalah upaya untuk menyesuaikan besaran zakat sesuai waktu dan kondisi pasar.

“Jika dihitung perliter, berasnya tiga liter seperempat, dan batas penyerahannya maksimal H-1 Idul Fitri melalui Urusan Penerima Zakat (UPZ) atau Dewan Kemakmuran Masjid (DKM),” ungkapnya.

Hanya saja jika diuangkan berdasarkan trend harga beras di pasar dan pertimbangan dari intansi terkait pihaknya menetapkan mengambil harga pertengahan.

“Jadi nilainya sebesar Rp25 ribu,” Katanya.

Selain itu, Yusep juga menambahkan, beberapa kegiatan BAZ dari pra hingga pasca ramadhan, saat ini telah melakukan kegiatan pra ramadhan yaitu penetapan besaran zakat fitrah, kemudian akan disosialisasikan ke 17 Kecamatan di Purwakarta.

BAZ Kabupaten Purwakarta pun melakukan evaluasi yang sudah dilakukan Unit Penghimpun Zakat (UPZ). Dari sekian UPZ, BAZ Kabupaten Purwakarta menemukan banyak kendala di lapangan dan rencananya akan menjadi agenda program BAZ.

“Melakukan sosialisasi zakat infak sadaqah ke 17 kecamatan evaluasi perolehan zakat fitrah per-kecamatan, dievaluasi kendala dan tantangan baru disosialisasikan. Kita juga melakukan sosialisasi ke sejumlah DKM kota dan masjid-masjid besar. Diharapkan DKM kota menjadi motor perolehan zakat fitrah,” bebernya.

Ia juga menjelaskan, pada tahun lalu BAZ Purwakarta menargetkan ada peningkatan pengumpulan zakat fitrah, shadaqah dan infaq sebesar 20 persen.

Ia berharap, tahun ini akan ditingkatkan dari beberapa sektor dan memberdayakan sejumlah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Purwakarta.

“Kalau bisa target kita harus meningkat lebih besar,”. Pungkasnya. (DeR)





«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: