» » » Aher : Tol Cipali Pacu Laju Pembangunan

SJO, PURWAKARTA -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku sangat berbahagia atas peresmian Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi, Sabtu (13/6) pagi, di Cikopo Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Diharapkan dengan peresmian ini semakin memacu laju perekonomian di Jawa Barat khususnya.

"Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya sampaikan terima kasih kepada pemerintah. Dengan selesainya jalan tol ini diharapkan mampu memacu pertumbuhan ekonomi kawasan khususnya di Jawa Barat,"  ungkap Heryawan saat memberikan sambutan selamat datang di hadapan Presiden dan tamu undangan.

Tol Cipali ini merupakan jalan Tol terpanjang di Indonesia. Membentang sepanjang 116,75 kilometer membelah kawasan yang meliputi 5 kabupaten, yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Kuningan dan Majalengka. Terdiri dari 6 seksi.  Tol ini menghemat 2 jam waktu tempuh jika melalui jalur biasa.

Jalan tol tersebut, terdiri dari seksi 1 Cikopo Kalijati, seksi 2 Kalijati Subang, seksi 3 Subang Cikedung, seksi 4 Cikedung Kertajati, seksi 5 Kertajati Sumberjaya dan seksi 6 Sumberjaya Palimanan. Memotong 40 kilometer lebih singkat jika melalui jalur Pantura.

Pada kesempatan itu Jokowi meminta agar ada perbaikan regulasi dan mekanisme pembangunan jalan tol di Indonesia. Seperti saat ini, pembangunan jalan tol Cipali, memakan waktu cukup lama. Pembebasan lahan 6 tahun dan konstruksi 2,5 tahun.

"Jangan kita mempersulit dengan regulasi yang kita buat sendiri. Bayangkan saja, proses pembebasan lahan lebih lama dari konstruksi. Harus segera kita hentikan. Kita ubah saja regulasi yang menghambat proyek pembangunan," tegas Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat.

Suara sirine yang ditekan Jokowi menandai resmi beroperasinya jalan tol sepanjang 116,754 km ini menelan total biaya  Rp 13,779 triliun. "Dengan adanya jalan tol baru ini, akan meningkatkan daya saing kita. Karena konektivitas memegang peran penting pada percepatan arus barang dan jasa dan pemerataan ekonomi," kata Jokowi dalam sambutannya.

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Jalan Tol Cikopo – Palimanan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci, Kanci-Pejagan Pejagan-Pemalang dan seterusnya sampai Semarang Solo, Mojokerto hingga Surabaya.

"Dengan beroperasinya Jalan Tol Cikopo- Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang kurang lebih 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama kurang minimal 2 jam," tutur Basuki.

Hal ini diharapkan dapat menyelesaikan sebagian besar permasalahan prasarana jaringan jalan khususnya di wilayah Pantura Jawa Barat dan juga mendukung mobilitas di wilayah barat Pulau Jawa dan mendukung perkembangan potensi ekonomi Jawa Barat.

Jalan Tol Cikopo – Palimanan dibiayai dengan Skema Private Public Partnership (PPP) alias Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorongpengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.

Hadir dalam acara peresmian ini antara lain, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain, Ketua DPD RI Irman Gusman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan lain-lain.(tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: