» » » Wakil Ketua MPR RI Mahyudin Gelar Silaturahmi Kebangsaan

SJO, PURWAKARTA - Agenda rutin Mahyudin, Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indoneasia (MPR RI), menggelar silaturahmi kebangsaan ke daerah-daerah, kali ini sambangi purwakarta, Jumat (22/5).

Diterima Sekretaris Daerah (SekDa) Purwakarta, Padil Karsoma dan jajaran pejabat Pemkab Purwakarta di Bale Nagri Setda Purwakarta, Mahyudin mengaku terkesan dengan tata Kota Purwakarta yang kental mengangkat Budaya Sunda.

Dalam silaturahmi kebangsaan ini, Mahyudin mengaku memiliki tugas untuk memberikan pemahaman terkait 4 pilar kebangsaan. Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara. NKRI adalah sebagai bentuk negara, UUD sebagai konstitusi negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan persatu bangsa Indonesia.

Indonesia menurut Mahyudin merupakan negara kesatuan yang memiliki karakter budaya yang beragam, untuk itu perlu menanamkan kembali budaya asli masing-masing di setiap daerah agar rongrongan budaya asing dapat diminimalisir, termasuk budaya asli bisa tetap tegak berdiri di Indonesia.

“Dari dasar itulah Pancasila harus kembali disosialisasikan sebagai dasar kita bernegara, melalui pemahaman 5 sila yang tercantum dalam Pancasila”, tegas Mahyudin.

Mahyudin yang juga anggota Komisi 1 di DPR RI membidangi pertahanan negara ini, mengapresiasi Kabupaten Purwakarta yang telah mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila yang didalamnya terkait nilai budaya Sunda. (DR)

--

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: