» » » » Purwakarta Kembangkan Domba Garwa Hasil Inseminasi Buatan

SJO, PURWAKARTA - Dinas Peternakan Dan Perikanan (DISNAKAN) Kabupaten Purwakarta, berhasil melakukan Inseminasi buatan dari bibit domba Garut pejantan dengan domba betina Purwakarta.

Hasil dari perpaduan domba tersebut diberikan nama GARWA yang memiliki fisik perpaduan domba tangkas serta memiliki berat badan yang lebih besar 10 Kilogram dari domba biasa.

Kedepannya Kabupaten Purwakarta diharapkan menjadi produsen daging terbesar. dalam keberhasilan mengembangkan Inseminasi buatan terhadap hewan ternak jenis domba, dan menghasilkan domba unggulan.

"Domba hasil Inseminasi (Domba Garwa) memiliki tanduk seperti domba Garut, serta berat badanya diatas rata-rata domba hasil proses pengembangan secara alami".

Menurut Sri Wuryasturati, selaku Kabid Peternakan Kabupaten Purwakarta, domba hasil Inseminasi buatan yang dilakukan sejak tahun 2013. Target Inseminasi buatan kepada jenis hewan ternak domba yang meningkatkan domba pedaging yang berkwalitas dan di unggulkan.

"Karena domba hasil Inseminasi buatan yang bobotnya lebih besar sekitar 50%, dan nilai jualnya dua kali lipat dari harga domba biasanya".

Sementara itu Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, menegaskan, dalam pengembangan domba Garwa, hasil Inseminasi buatan Kabupaten Purwakarta, diharapkan bisa menjadi daerah produsen daging domba terbesar, sehingga bisa memenuhi kebutuhan daging kurban dan kebutuhan daging sate maranggi makanan khas Purwakarta.

Dengan adanya Inseminasi buatan terhadap domba, akan meningkatkan gairah berternak warga Purwakarta, serta hasil yang memuaskan dan harga tinggi. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: