» » Pemprov Jabar Kembangkan Pertanian di Jabar Selatan

SJO, BANDUNG- Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat,  H. Iwa Karniwa, SE.Ak, MM, menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat kini focus mengembangkan kawasan Jawa Barat Selatan untuk percepatan peningkatan kesejahteraan warga setempat.

“Di Jabar Selatan ada lahan 2000 hektar milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Itu akan kita kembangkan dalam rangka meningkatkan produk pertanian dan perikanan.

Kita juga akan memberikan pelatihan, sehingga masyarakat bisa melakukan pembelajaran yang sipatnya job training. Masyarakat melihat, belajar, lalu mempraktekkan dan menanam. Selama ini kan masyarakat menggarap lahan pertaniannya secara otodidak,” kata H. Iwa Karniwa kepada wartawan, di Gedung Sate, Kamis (21/5).

Ke depan di lokasi pertanian Jawa Barat Selatan tersebut, menurut H. Iwa, akan ada sekolah kejuruan yang jurusannya cocok, antara lain bagaimana melakukan pertanian dengan sentuhan teknologi. Pemprov Jabar juga sudah bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi untuk mengembangkan kualitas pertanian dan peternakan di Jawa Barat.

Saat ini, infrastruktur jalan di wilayah Jawa Barat Selatan sudah bagus. Maka akses untuk menjual ke tempat-tempat yang membutuhkan terhadap hasil pertanian itu bisa dengan cepat dengan harga yang wajar, sehingga petani bisa menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk menghidupi keluarganya.

H. Iwa juga mengatakan, jumlah penduduk di Jawa Barat  Selatan mencapai sekitar  9 juta jiwa, tersebar di enam kabupaten yaitu Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi.

"Kami fokus meningkatkan kesejahteraan warga Jawa Barat Selatan. Ini jadi fokus kita yang sudah dirancang sejak era Kepemimpinan Pak Ahmad Heryawan dan Pak Dede Yusuf,  dengan dukungan DPRD Jabar dan pemerintah pusat. Kami berharap ada percepatan pertumbuhan ekonomi di sana," katanya. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: