» » » » » » Mengambil Peluang dari Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini

Oleh: Imroatul Mufida Nugrahanti*)

PERTUMBUHAN ekonomi Indonesia memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dengan pertumbuhan investasi di Indonesia. Rumus sederhana ekonominya adalah Y (GDP) = C (Consumption) + I (Investment) + G (government) + (X-M) (Expor-Impor). Y itu menunjukkan seperti apa pertumbuhan GDP atau bagaimana ekonomi Indonesia bergerak, yang mana dipengaruhi oleh hal-hal diatas.

Investor cenderung ingin menanamkan modal pada negara dengan perekonomian yang baik. Salah satu indikator yang menunjukkan perekonomian yang baik adalah rendahnya tingkat inflasi. Dengan tingkat inflasi yang rendah maka investor cenderung akan menanamkan modal di Indonesia, sebab mereka berharap mendapatkan return yang menguntungkan bagi mereka. Sebaliknya, jika inflasi tinggi maka banyak perusahaan akan kesulitan untuk melakukan aktivitas operasional, sebab biaya yang dibutuhkan untuk melakukan produksi akan cenderung tinggi. Dan apabila perusahaan tidak memperoleh laba bersih yang baik, maka akan berdampak pada turunnya harga saham di bursa efek, yang berakibat investasi di Indonesia akan menurun.

Tetapi, kondisi inflasi di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi yaitu sekitar 6.79%. Hal ini tentunya berpengaruh pada investasi di Indonesia, dan juga konsumsi masyarakat karena daya beli masyarakat menurun dengan adanya kenaikan harga-harga. Pengaruh turunnya C, I, G berbarengan akan berakibat pada laporan keuangan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Yang mana jika C menurun maka profit perusahaan juga akan menurun, ditambah lagi tingginya biaya produksi, yang mengakibatkan perusahaan harus merevisi kembali finansial perusahaannya, yang secara otomatis akan mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak perlu.Yang juga akan berakibat pada unemployment yang semakin meningkat.

Tetapi dari kesemuanya itu, masyarakat dan perusahaan harus cukup pintar untuk mengambil peluang dari perubahan-perubahan yang sedang terjadi di Indonesia. Adanya MEA sudah pasti akan memberikan peluang-peluang bagi tenaga kerja terampil di Indonesia. Tenaga kerja yang memiliki keterampilan akan sangat dibutuhkan saat ini, mengingat Indonesia memiliki peluang besar di pasar global. Untuk itulah, sebagai masyarakat Indonesia harusnya segera mengambil kesempatan ini dengan cara mendalami pendidikan keterampilan, seperti komputer, bahasa inggris, dan pendidikan keterampilan lainnya. 

Sedangkan adanya proyek-proyek infrastruktur yang sedang pemerintah galakkan sekarang ini, juga bisa menjadi kesempatan besar bagi para pengusaha untuk mengambil peluang di bidang ini, seperti industri alat alat berat, bahan bangunan, dan lainnya, yang mana akan sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan infrastruktur.(*)

*) Penulis adalah Mahasiswa ITB

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: