» » » Ketua Harian PB PON Pastikan Sepeda BMX Digelar di Ciamis

SJO, CIAMIS - Lokasi pertandingan cabang olahraga (cabor) balap sepeda nomor BMX PON XIX/2016 Jawa Barat hampir dipastikan digelar di Kabupaten Ciamis, Jabar. Kepastian pemindahan cabor ini dari Kota Bandung tinggal menunggu perubahan Peraturan Gubernur Jabar tentang venue PON.

Kepastian Ciamis menjadi salah satu di antara 15 kabupaten/kota pelaksana PON XIX/2016 Jabar terungkap dalam pertemuan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jabar Iwa Karniwa dengan Bupati Ciamis Iing Syam Arifin. Pertemuan juga dihadiri jajaran Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media (PPM) PON XIX/2016 Jabar.

Iwa, yang juga Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON XIX/2016 Jabar, mengatakan awalnya Ciamis tidak termasuk sebagai tuan rumah pergelaran pertandingan. Venue hanya disebar di 14 kabupaten/kota se-Jabar.

Namun, Iwa menambahkan semangat kuat Bupati Ciamis yang juga didukung masyarakatnya agar ada cabor yang dipertandingkandi di daerah menjadi dasar PB PON XIX/2016 Jabar dan KONI Pusat untuk memindah venue cabor sepeda BMX ke Ciamis.

"Ciamis juga selama ini identik dengan olahraga balap sepeda. Selama ini atlet sepeda Ciamis telah mengharumkan nama Jawa Barat, bahkan Indonesia," Iwa mengemukakan dasar lain.

Sementara itu, Bupati Ciamis pada kesempatan yang sama menegaskan kesiapan venue balap sepeda nomor BMX menjadi lokasi adu kecepatan dan keterampilan cabor BMX. Venue ini, kata Iing, kini dalam tahap perampungan.

"Kesiapan venue cabang olahraga balap sepeda sudah ditinjau tim ahli Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI). Hasilnya venue kita bahkan memenuhi syarat untuk pertandingan bertaraf internasional," papar Bupati Ciamis.

Dikatakan pula, PB ISSI bahkan menyimpulkan Kabupaten Ciamis memenuhi syarat menjadi tuan rumah cabor balap sepeda nomor lain. Iing menyebutkan nomor ///road race///, misalnya. Bahkan, tak sekadar untuk laga PON XIX/2016 Jabar, namun juga pertandingan internasional

Atas penjelasan Bupati Iing, Ketua Harian PB PON/2016 Jabar menegaskan sejauh ini baru memastikan cabor balap sepeda nomor BMX yang dialihkan ke Kabupaten Ciamis. "Saya hanya bisa memastikan sekarang sepeda BMX karena selain venue terdapat faktor lain yang harus dipertimbangkan," ungkap Iwa.

Dalam pertemuan Plt. Sekda, Bupati Ciamis, dan Bidang PPM juga dibahas persiapan acara hitung mundur 444 hari menjelang PON XIX/2016 Jabar. Sosialisasi ini direncanakan digelar di pusat Kabupaten Ciamis, Minggu, 7 Juni 2016.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: