» » » Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Longsor Pangalengan

SJO, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau lokasi longsor bersama  Kapolda  Jabar Irjen Pol M Iriawan, Kombes Polisi Sulistio Pudjo, dan Sekda Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Kamis (07/05).

Saat ini, masih ada 9 warga yang tertimbun longsoran bukit di Kampung Cibitung, Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan. 5 diantaranya sudah ditemukan siang tadi.

Longsor terjadi akibat labilnya struktur tanah dan menyebabkan pipa PT Geothermal Star Energy meledak. Longsor tersebut menimpa rumah para pekerja PT. Perkebunan Nusantara VIII. "Karena pipa tersebut berada di atas ketinggian sehingga pipa yang berisi tekanan gas bumi yang kuat pecah," kata Kombes Polisi Sulistio Pudjo.

Namun, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti longsor tersebut. “Pihak kami masih harus melakukan penyelidikan terkait longsor ini. Bisa saja longsor ini disebabkan ledakan pipa atau retakan tanah. Oleh karena itu, kita akan mengumpulkan saksi dan bukti-bukti lain.” Kata Kapolda Jabar.

Meski begitu, BPBD Kabupaten Bandung sudah mengantisipasi dan melakukan evakuasi seminggu sebelum bencana longsor itu. Warga diungsikan ke tenda-tenda dan kantor desa yang jauh dari lokasi bencana. Namun, masih ada warga yang kembali untuk mengambil barang pribadi di rumahnya saat longsor terjadi.

“Antisipasi kita sudah cukup bagus. Beberapa hari sebelum longsor, warga sudah dievakuasi ke tenda-tenda yang disediakan TNI, Polri, dan BPBD.” Kata Gubernur Ahmad Heryawan.

“Tentu secara organik ini tanggungjawab PT. PN VIII untuk melakukan relokasi. Jika nanti dibutuhkan pemerintah provinsi untuk beri bantuan, kita beri bantuan.” Tambah Gubernur.

Untuk saat ini, korban luka berat sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Al Ihsan Kabupaten Bandung. Berikut nama dan identitas kirban luka berat yang sedang diawat di Rumah Sakit Al Ihsan:
Lukaberat:
1. Dayu, 20 th, kampung Cibitung RT. 01/15 desa Margamukti
2. Yosep, 6 th, kampung Cibitung RT. 01/15 Desa Margamukti
3. Dati, 68 th, Kampung Kertamanah RT02/16 Desa Margamukti.

Luka ringan:
1. Icah, 30 tahun. Kampung Cibitung RT 01/15 Desa Margamukti
2. Aas, 33 th, Kampung Cibitung RT 01/15 Desa Margamukti
3. Fuji, 8 th, Kampung Cibitung RT 01/15 Desa Margamukti
4. Ain, 50 th, Kampung Cibitung RT. 01/15 Desa Margamukti
(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: