» » » » Gerakan Pramuka Kirim Misi Khusus ke Nepal

SJO, JAKARTA—Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirim seorang pramuka andalannya di bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Kak Eko Sulistio, untuk ikut membantu proses evakuasi korban gempa di Nepal. Selama ini Eko dikenal sebagai sosok pramuka yang fokus dalam bantuan kemanusian dan bencana, baik di dalam maupun luar negeri.

Saat ini, Eko Sulistio, 42 tahun,  telah tergabung dengan Tim Gabungan Indonesia yang terdiri dari berbagai institusi, antara lain, Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB), TNI, Kemenlu, PKPU, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, Pramuka Peduli, dan lain-lain.

“Dampak gempa 7,9 skala Richter di sini parah banget. Semua porak poranda, dan masih banyak korban yang harus dievakuasi,” ujar Eko melalui WhatsApp pribadinya.

Menurut Eko, sebagai seorang Pramuka, tak ada misi yang lebih khusus di Nepal selain membantu dan menolong para korban gempa semaksimal yang bisa dilakukan. Sampai hari ini, bersama mitra lokal dan Tim Gabungan, ia telah mendistribusikan bantuan logistik ke dua titik pengungsian, yaitu kamp pengungsian Shouyoumbo Ward dan Bakhtapur. “Dana logistik kemanusiaan dalam 1 titik kurang lebih sebesar US $3500,” jelasnya.

Sebelumnya, bersama relawan lain, Eko juga telah bergerak ke daerah yang sulit dan belum terjangkau bantuan. Bahkan, ada satu titik gempa yang harus ditempuh selama 5 jam, karena belum mendapatkan bantuan logistik maupun medik.  “Alhamdulillah, hari ini kita telah melakukan trauma healing untuk anak-anak sekaligus evakuasi korban,” ujarnya.

Yang menarik, kata Eko, di Nepal, ia juga sempat bertemu dengan seorang Pramuka Nepal yang kantornya bahkan belum juga bisa beroperasi. “Saya sangat terharu. Ia bahkan mengajak saya untuk mengunjungi bumi perkemahannya,” tambahnya.

Sementara itu, ketika acara pemberangkatan, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Daulut secara simbolis juga menyerahkan kepada Eko Sulistio bantuan untuk korban gempa Nepal (28/4). “Pramuka harus selalu responsif dan menolong sesama, di dalam maupun luar negeri. Kak Eko, tunaikan tugas dengan baik. Bawa nama baik Indonesia dan pramuka. Dan, jangan lupa, jaga kesehatan,” ujar Adhyaksa.(rls)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: