» » » » » Disnakan Purwakarta Bakal Tertibkan KJA Liar

SJO Purwakarta - Mencegah penurunan produksi ikan di Waduk Jatiluhur, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Purwakarta meluncurkan tiga program yang diterapkan di perairan waduk serbaguna itu.

Penurunan produksi ikan yang disebabkan oleh penertiban Keramba Jaring Apung (KJA), akan diantisipasi melalui penebaran ikan diperairan luas.

"Selain itu kami juga mengintruksikan agar petani KJA meningkatkan frekuensi penanaman ikan yang tadinya dua sampai tiga kali, kedepan harus menjadi lima kali dalam setahun," kata Herry Heryawan, Kepala Disnakan Purwakarta, saat ditemui di kantornya, kemarin.

Upaya ketiga yang harus dilakukan petani KJA kata dia, yakni menambah jumlah benih ikan di masing-masing KJA milik para petani.

"Biasanya per KJA itu hanya ditanami 50 Kg, kedepan harus ditanami 100 Kg. Ini juga untuk meningkatkan hasil panen," jelasnya.

Saat ini sebut dia, PJT II Jatiluhur dan Pemkab Purwakarta tengah gencar melakukan penertiban KJA yang dinilai tidak memiliki izin dan melanggar zona yang telah ditentukan.

Dari 19. 000 KJA, hanya akan disisakan 4000 KJA saja. Sehingga hal ini akan menyebabkan penurunan produksi ikan di perairan tersebut. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: