» » » » Cegah Longsor, Wagub Instruksikan Tanam Pohon Tegak

SJO, BANDUNG – Usai meninjau bencana longsor di Desa Cibitung, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau kepada masyarakat, perusahaan maupun pemerintah setempat agar menaman pohon tegak serta berakar kuat. 

Wagub menyarankan agar di daerah yang kemiringannya curam pohon kopi sangat cocok untuk ditanam.  

“ini longsor karena sudah berkurangnya tanaman tegak, karena itu agar disiapkan tanaman tegak seperti kopi yang akarnya kuat dan memiliki fungsi konservasi”, ujarnya. 

Pemprov Jabar akan menindak tegas bagi perusahaan yang memproduksi energi listrik yang tidak menanam pohon berakar kuat melalui program CSR nya. Karena bila terjadi longsor, dampak yang ditimbulkan tidak hanya pada daerah di sekelilingnya tapi akan meluas hingga Jawa Bali seperti pada peristiwa ini.

Didampingi Bupati Bandung Dadang Naser, Wagub yang tiba di lokasi Rabu (07/05) pukul 11.30 WIB, langsung menuju titik utama longsor yang diduga masih ada korban yang tertimbun material longsoran.  Pantauan dari lokasi kejadian, petugas dari Basarnas, BPBD, Tagana dan kepolisian masih melakukan pencarian korban dibantu dua alat berat di seluruh areal longsor yang luasnnya mencapai 50 hektare. 

Menurut Wagub, pihaknya saat ini fokus pada pencarian korban dan rehabilitasi serta upaya pencegahan. “Yang terpenting langkah kedepan bagaimana menata ruang yang ada disekitar ini untuk lebih baik lagi jangan sampai terjadi bencana longsor yang sudah diperkirakan”, katanya. Ia pun berpesan kepada Bupati Bandung agar terus memantau proses pencarian korban dan evakuasi juga memastikan pengungsi terlayani.

Selain meninjau areal longsor, wagub pun memantau ke lokasi pengungsian yang ditampung di Aula Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan. “Sudah makan belum? Sudah kan”, sapa Wagub saat memasuki aula yang disambut hangat pengungsi. Ia pun berkesempatan berdialog dengan salah satu korban luka yang selamat dari kejadian itu. Pemprov sendiri melalui Dinas Sosial telah mengirimkan bantuan untuk korban berupa makanan, obat-obatan, selimut dan tenda darurat.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: