» » » BNPB Minta Jalur Pipa Geothermal Dipindahkan

SJO, BANDUNG- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd memindahkan pipa saluran geothermal dari yang ada saat ini.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, pemindahan pipa saluran harus segera di pindahkan menyusul masih terjadinya gerakan tanah di daerah tersebut.

"Rekomendasi yang telah disampaikan yaitu kepada pengelola proyek Geothermal Star Energy untuk memindahkan jalur pipa karena gerakan tanah terus berlangsung,” ucap Sutopo, melalui rilis, Rabu (06/05/15).

Menurut Sutopo, berdasarkan hasil pemeriksaan lapangan menunjukkan kemiringan lereng terjal dan tanah pelapukan breksi vulkanik cukup tebal.

“Terlihat retakan dan nendatan sedalam 2,5 m, sepanjang 500 m, longsoran masih mengancam satu kampung yang terdiri dari 52 KK (200 jiwa) dan mengancam pipa panas bumi Star Energy sepanjang 500 m,” katanya.

Kerusakan Pipa

Presiden Direktur Star Energy Geothermal, Rudy Suparman mengatakan, bencana tanah longsor di Pangalengan menimpa pipa saluran geothermal milik Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. yang mengakibatkan terjadinya kerusakan dan terputusnya pipa produksi perusahaan.

"Saat tanah longsor terjadi, pipa seperti digunting dan langsung mengeluarkan material uap panas dalam jumlah besar, sehingga terdengar seperti bunyi ledakan. Tekanan begitu tinggi," kata Rudy, melalui rilis, Rabu (06/05).

Menurut Rudy, uap pada pipa yang terputus tersebut mengakibatkan ledakan sehingga power plant Star Energy, saat ini dalam keadaan berhenti  beroperasi.

“Akibat tanah longsor ini selain terjadi ledakan juga mengakibatkan kerugian materiil pada perumahan penduduk dan mengakibatkan korban jiwa dan beberapa orang luka-luka,” ucapnya.

Rudy mengaku, Star Energy secara aktif sudah melakukan berbagai upaya pertolongan pertama bagi para penduduk lokal atas kejadian ini, dengan memberikan bantuan tempat berkumpul dan penanganan medis di lokasi.(tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: