» » Begini Cara Sederhana Identifikasi Beras Sintetis

SJO, CIMAHI- Selain melakukan pemeriksaan terhadap beras yang dijual di sejumlah pasar di Kota Cimahi.

Tim Terpadu Kota Cimahi yang melakukan inspeksi mendadak (sidak), juga mengajarkan cara sederhana untuk mengidentifikasi beras sintetis kepada para pedagang dan pembeli beras.

“Kalau beras sintetis  terlihat mengkilap dan bening serta tidak bsia dipatahkan dengan kuku. Sedangkan beras asli ada warna putih susu dan bisa dipatahkan dengan kuku,” kata Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi, Huzen Rachmadi.

Selanjutnya, jelas Huzen, jika beras sintetis tersebut dibakar, maka akan meleleh serta akan menimbulkan bau seperti bau plastic terbakar. Kalau direndam, beras sintetis akan mengambang. Sedangkan beras asli kalau direndam akan tenggelam dan kalau dikucek airnya keruh.

“Alhamdulillah sejauh ini belum ditemukan adanya beras sintetis di wilayah Kota Cimahi,” katanya.

Hj. Tuti, warga RT 05 RW 11 Kelurahan Melong punya kiat sendir agar terhindar dari beras sintetis, yaitu dengan cara tidak membeli beras kepada yang belum dikenal.

“Saya tidak khawatir dapat beras sintetis karena membelinya di pedagang yang sudah saya kenal atau sudah menjadi langganan,” katanya. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: