» » » » Bandung Tuan Rumah Konferensi Asia Amerika

SJO, BANDUNG- Kota Bandung dipastikan akan menjadi tuan rumah Konferensi Asia Amerika yang akan berlangsung pada tanggal 22 hingga 25 September 2015 mendatang atau bertepatan dengan hari jadi Kota Bandung.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, puluhan negara dari Asia dan Amerika Latin rencanaya akan hadir dalam konferensi tersebut.

“Konferensi pemuda asia timur dan amerika selatan (latin) itu akan menghasilkan manifesto seperti dasa sila Bandung,” ujarnya.

Menurut Walikota, substansi dari konferensi yang rencananya akan berlangsung di Gedung Merdeka tersebut lebih kepada masalah ekonomi kreatif, ekonomi maritim dan kemandirian pemuda.

“Sejumlah pembicara akan hadir di acara tersebut seperti pemegang nobel perdamaian, Malal Yosef. Pakistan, tokoh2 bisnis pemuda, termasuk pemilik facebook yang sedang dihubungi serta sejumlah menteri yang terkait dengan isu ini,” ucapnya.

Walikota beralasan, dipilihnya negara-negara  Asia dan Amerika Latin dalam konferensi ini karena diikat oleh Atlantik-Pasifik sehingga ada kesamaan kemaritiman, serta dari sisi geografis dianggap satu kesamaan nasib geografis, banyak dibelah dan dihubungkan oleh dua samudra.

“Keduanya ingin menjadi poros tengah kekuatan baru negara yang masih berkembang dan Bandung pun bakal diusulkan  sebagai markas, sehingga menjadi tempat diplomasi dunia Asia dan Amerika Latin, seperti PBB bikin markas di New York dengan nama FEALAC (Forum East Asia Latin America Cooperation),” pungkasnya. (*)
--

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: