» » Wakil Asia: Kerjasama tak Cukup Hanya Terjalin antara Kedua Benua

(SJO,BANDUNG) Presiden Myanmar Thein Sein mengharapkan dokumen yang disepakati pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diselenggarakan dalam rangkaian Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dapat diimplemetasikan seluruh dunia.

"Hasil KTT yang dilakukan saat ini tidak hanya berguna bagi negara-negara di Asia dan Afrika, tetapi juga bagi seluruh dunia," ujar Thein Sein di GedungMerdeka, Bandung, dalam pidatony amewakili Asia, Jumat (24/4).

Menurut dia, pada pertemuan di Jakarta telah disepakati berbagai hal terkait potensi kerjasama dalam berbagai sektor antara negara-negara Asia dan Afrika.Tidak seharusnya hanya kerjasama yang dibangun hanya diperuntukkan bagi negara di kedua benua saja, tetapi harus membuka peluang bagis eluruh dunia untuk ikut berpatisipasi.

"Seluruh perwakilan  yang hadir dapat solid dalam mengusung hasil dari KTT," imbuhnya.

Sebelum menjalin kerjasama dengan dunia, sebaiknya negara Asia dan Afrika membangunnya terlebih dahulu.Hubungan yang terjalins ecara natural telah terbentuk 60 tahun silam.Melaluikesempatan kali ini, dapat menjadi medium untuk memperkuat solidaritas negara-negara Asia dan Afrika.

"Hubungan antara Asia dan Afrika telah terbangun semenjak lama. Hal itu bisa menjadikan alasan yang kuat dalam membangun kerjasama ekonomi," katanya.

Thein menambahkan, selain  kerjasama antar negara, kesempatan kali ini bisa juga dijadikan  sebagai ajang untuk memperkuat hubungan dalam rangka membuka peluang kerjasama informal secara personal.

"Peringatan KAA ini dapat memperkuat hubungan antar warga negara di masing-masing negara Asia da nAfrika," pungkasnya (dilansirdari: www.aacc2015.ac.id)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: