» » » » Waduk Jatiluhur Status Siaga

SJO, PURWAKARTA - Dengan tingginya intensitas curah hujan, yang menyebabkan tingginya muka air Danau Jatiluhur mengalami kenaikan. Dan ketinggian batas normal muka air 107 meter, yang sampai saat ini mencapai tinggi muka air 107.45 meter.

Dengan adanya Danau Jatiluhur yang memiliku kapasitas debit air 2,6 milyar meter kubik. Sejak dua hari lalu dalam status siaga, karena debit air waduk jatiluhur terus mengalami peningkatan di setiap jamnya.

Meski terjadi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) Direktur Pengelolaan Air (DIRLOLA) Perum Jasa Tirta II (PJT 2) Hary.M. Sungguh, bahwa kenaikan TMA hingga debit air melimpas kedalam bendungan turbin pembangkit listrik, Hary begitu khawatir melihat TMA yang setiap jamnya selalu mengalami kenaikan. Karena untuk katagori darurat,

"Ketinggian muka air, Bilamana kondisi mencapai diangka level 108 Meter bendungan harus dibuka."


Dengan tingginya intensitas curah hujan yang menimbulkan banjir dibagian hulu khususnya Bandung dan sekitarnya. Namun dirlola menghimbau bahwa persoalan banjir yang berada di daerah hilir salah satunya wilayah karawang, tidak selalu identik dari limpasan air waduk Jatiluhur.

Karena pihak pjt yang mengelola waduk jatiluhur hanya mengalirkan air ke hilir melalui tarum barat, tarum timur dan tarum utara. Bahkan citarum tersebut mengalirkan debit air ke bendungan Gedung Gede dengan total 215 meter kubik perdetiknya. (DENI)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

1 komentar: