» » » » Seniman Bandung Ruwatan di Halaman Gedung Merdeka

(SJO, BANDUNG) - Seniman dan warga Kota Bandung menggelar ruwatan di halaman Gedung Merdeka yang akan menjadi tempat digelarnya Peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada 24 April 2015 mendatang.

Seniman Bandung, Mas Nanu Munajat Dahlan mengatakan, ruwatan digelar untuk membangkitkan kembali dan menetralisir serta memberikan kesadaran kepada masyarakat dan pemerintah bahwa Gedung Merdeka merupakan kekuatan Kota Bandung yang memiliki nilai sejatah.

“Gedung Merdeka ini harus pupusti bukan di pigusti.  Itu adalah suatu lambang negara yang harus dipertahankan keberadaannya,” ujarnya.

Mas Nanu menyatakan, dirinya sangat prihatin dengan dibongkarnya tiang bendera yang berada di sisi kanan Gedung Merdeka atau yang berada di Jalan Cikapundung Timur.

“Tiang bendera merupakan artefaknya Kota Bandung. Dan mengingatkan ke Walikota Bandung, hal-hal yang seperti ini jangan disentuh dan jangan diubah,” kata Mas Nanu, kepada wartawan usai menggelar ruwatan di Halaman Gedung Merdeka, Kamis (02/04).

Menurut Nanu, tiang bendera di Gedung Merdeka miliki nilai kearipan lokal serta melambangkan kekokohan negara dan bangsa yang menjadi suatu kekuatan lambang negara.

“Kalau lambang negara saja di rusak, berarti telah merusak tatanan kenegaraan. Harapannya pemerintah sadar dan mengembalikan ke posisi semula,” tuturnya. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: