» » Perlu Seretifikasi dan Standarisasi Batu Akik

SJO, PURWAKARTA -Fenomena batu yang melanda hampir seluruh Indonesia, mendapatkan perhatian lebih dari Bupati Purwakarta, H.Dedi Mulyadi,SH. Hal itu diungkapkannya ketika membuka kegiatan Festival Batu Akik, Selasa Malam (28/4).

Menurut Bupati pemerintah harus membuatkan sertifikasi atas jenis batu akik , sehingga batu memiliki nilai ekonomi yang bisa sejajar dengan batu mulia lainnya.

"Demam batu sekarang ini melanda masyarakat, Banyak masyarakat mencarinya sehingga batu memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Bahkan satu buah batu kecil saja hampir ratusan juta. Kedepan pemerintah harus membuatkan standarisasi dan sertifikasi agar batu akik bisa memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan bisa sejajar dengan batu mulia lainnya."ujarnya.

Selain itu fenomenal batu juga harus memahami kondisi lingkungan, sehingga jangan sampai mencari batu hingga merusak lingkungan.

"Saya juga ingatkan kepada para pengrajin batu, ataupun yang mencari batu untuk tetap menjaga lingkungan,  jangan sampai karena batu lingkungan menjadi rusak ataupun sungai menjadi rusak akibat seringnya dikeruk." tuturnya.

Dedi juga menegaskan bahwa batu akik merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga oleh pemerintah sebagaimana amanat undang undang, jangan sampai batu menjadi fenomenal sesaat dan lestari.

"Batu akik merupakan kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan karena itu fenomenal ini janganlah sesaat dengan batu akik membuktikan bangsa kita adalah bangsa yang kaya."singkatnya.

Dedi menilai, secara ekonomi, batu akik merupakan sebuah potensi ekonomi yang mampu meningkatkan sosial masyarakat. Dimana nilai batu akik cukup menjanjikan, jadi harus bisa dimanfaatkan.

"Perputaran uang di batu akik secara nasional mencapai miliaran rupiah bahkan hampir mencapai triliunan rupiah perputaran rupiahnya, inilah potensi ekonomi yang harus dijaga," tutupnya. (DeR)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: