» » » Pemprov Akan Bangun SMA di 129 Kecamatan Se-Jawa Barat

SJO, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera membangun unit sekolah baru tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh kecamatan Provinsi Jawa Barat. Saat ini, ada 129 kecamatan di Jawa Barat yang belum memiliki SMA Negeri.

“Dalam konteks kehadiran negara, negara wajar untuk mengelola dan untuk menyediakan layanan sekolah tingkat SMA. Negara wajib hadir di tiap-tiap kecamatan. Dan kita akan mempercepat kehadiran negara (di kecamatan),” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher)  ketika meninjau pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Negeri 6 dan SMK Negeri 12Bandung, Senin.

 “Ini adalah sebuah cara untuk supaya anak didik kita yang cerdas-cerdas dari perkampungan bisa menemukan momentumnya dengan hadirnya negara dalam bentuk SMA dan SMK di kecamatan," tambahnya.

Tentunya rencana pembangunan SMA di kecamatan ini harus diiringi dengan jumlah tenaga pendidik yang cukup. Pemerintah provinsi akan berupaya menghadirkan tenaga pendidik honorer dengan Upah Minimum Kabupaten-Kota (UMK) yang gajinya hampir mendekati gaji PNS.

Pemerintah Provinsi juga akan melibatkan masyarakat secara massive sebagai tanggung jawab sosial untuk pendidikan. “Alumni-alumni nanti akan kita sentuh. 'Loh, anda jadi seperti ini gara-gara siapa? gara-gara sekolah, gara-gara SMA. Bantu dong (sekolah),' kan wajar,” ujar Aher.

Selain itu, Aher mengatakan bahwa sekolah-sekolah di Jawa Barat siap menghadapi Ujian Nasional online pada tahun 2016. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan Ujian Nasional menjadi efisien serta mengurangi penggunaan kertas secara berlebih (less paper). Saat ini pelaksanaan Ujian Nasional masih dalam tahap uji coba dan hanya dilaksanakan oleh 57 sekolah (SMP dan SMA) di seluruh wilayah Provinsi Jawa Barat. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: