» » » Kominfo Targetkan Penataan Frekuensi Dimulai Mei

SJO, BANDUNG - Penataan kanal frekuensi untuk 4G LTE di 1.800 MHz telah disepakati oleh empat operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat, dan Hutchison 3 Indonesia. Sehingga menurut Menkominfo Rudiantara, penataan bisa dimulai pada Mei 2015 mendatang.

"Mei 2015 nanti penataan kanal frekuensi di 1.800 MHz akan dimulai. Harapannya di akhir tahun ini 4G di 1.800 MHz sudah bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya di Bandung.

Keempat operator telekomunikasi telah mencapai kata sepakat untuk melakukan penataan ulang mulai dari Maluku dan Maluku Utara. Selain itu,  para operator sepakat untuk menggunakan metode step-wise (langkah bijak), ketimbang metode direct (langsung) maupun indirect (tidak langsung).

Rudiantara juga mengingatkan, pengguna layanan telekomunikasi memiliki kemungkinan merasakan gangguan saat berlangsung proses migrasi meskipun kemungkinan tersebut sangat kecil. Untuk meminimalisasi gangguan tersebut, skenario penataan pun dilakukan per cluster yang terbagi dalam 42 cluster.

Seperti diketahui, operator yang menduduk pita frekuensi 1.800 MHz ini, yaitu Telkomsel, XL, Indosat, dan Hutchinson 3 (Tri). Untuk Telkomsel dan XL memiliki blok kanal sebesar 22,5 MHz, kemudian Indosat sebesar 20 MHz dan Tri 10 MHz.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: