» » Kapal Program Inkamina Mulai Beroperasi di Jabar

SJO, BANDUNG - Sebanyak 51 kapal Program Inkamina dengan bobot di atas 30 GT telah beroperasi di wilayah perairan Jabar yang tersebar di tujuh kabupaten/kota di provinsi itu.

Kasubag Perencanaan dan Statistik Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Indah Lesmini mengatakan berdasarkan data dari Bagian Perencanaan dan Statistik Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar, sebagian besar kapal Inkamina itu dioperasikan di wilayah perairan Indramayu sebanyak 16 unit, Subang enam unit, Cirebon dua unit.

Kemudian kapal Inkamina yang dioperasikan di wilayah Kabupaten Sukabumi sebanyak 10 unit, Garut tiga unit, Pangandaran delapan unit dan di Kabupaten  Karawang satu unit.

"Kapal-kapal yang dioperasikan itu merupakan bagian program restrukturisasi armada penangkapan ikan, selain kapalnya juga alat tangkapnya," katanya.

Tujuan pembangunan kapal Inkamina adalah untuk mengurangi kepadatan operasi penangkapan ikan di daerah pantai yang didominasi armada skala kecil untuk selanjutnya bergeser ke daerah penangkapan ikan di lepas pantai, ZEE dan laut lepas.

Kemudian meningkatkan produksi dan produktivitas nelayan sehingga diharapkan pada gilirannya akan dapat menambah kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat nelayan.

Provinsi Jawa Barat menggulirkan program prioritas pembangunan perikanan dan kelautan pada 2055 antara lain pengembangan usaha penangkapan ikan di areal yang belum dimanfaatkan, pengembangan dan peningkatan sarana dan prasarana perikanan tangkap antara lain melalui penataan pelabuhan, armada, penataan alat penangkapan ikan dan alat bantu penangkapan ikan. (*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: