» » » Gubernur Gelar Pertemuan dengan Masyarakat Sunda di Jatim

SJO, KAB. PONOROGO - Dalam kunjungan kerjanya selama dua hari ke beberapa lembaga pendidikan di Kota Solo dan Kabupaten Ponorogo, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga melakukan pertemuan dengan warga Sunda yang ada di Provinsi Jawa Timur. Pertemuan ini digelar dalam acara "Tepang Sono Formas Sunda Ngumbara sareng Kang Aher" di Hotel Maesa, Kab. Ponorogo Jawa Timur, Sabtu (11/4).

Menurut data yang ada, di Kabupaten Ponorogo sendiri ada sekitar 40 kepala keluarga (KK) masyarakat Sunda. Sebagian besar dari mereka ada yang berprofesi sebagai pegawai dan pedagang atau wiraswasta.

Dalam pertemuan yang diselenggarakan oleh Korwil Jawa-Madura Formas Sunda Ngumbara ini, Gubernur mengungkapkan kebanggaannya karena saat ini organisasi Paguyuban Sunda ada di hampir seluruh provinsi di Indonesia. "Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan cabangnya sudah ada di 31 provinsi. Alhamdulillah, orang Sunda ternyata ada dimana-mana," kata Gubernur dalam sambutannya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat ini, Gubernur pun berharap masyarakat Sunda yang ada di daerah tetap menjaga kebaikan yang selama ini dijaga, serta dapat menjadi pelopor kerjasama antarprovinsi.

"Insya Allah bisa kerjasama antarprovinsi. Bisa membangun kebaikan yang dirancang bersama untuk memberikan manfaat kedepannya," tambah Gubernur.

Sementara itu, Sekjen Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan (Formas Sunda Ngumbara) Pusat Erik M Iqbal mengatakan, pihaknya akan segera membentuk organisasi masyarakat Sunda di Jatim. Iqbal pun mengatakan, saat ini tengah dikumpulkan organisasi masyarakat Sunda yang sebelumnya telah ada untuk membentuk struktur organisasi Paguyuban Sunda yang baru di Provinsi Jawa Timur.

"Formas Sunda Ngumbara Jawa Timur saat ini belum terbentuk, baru akan dilaksanakn Musda Formas Sunda Ngumbara dari paguyuban-paguyuban Sunda yang ada sebelumnya di seluruh Provinsi Jatim," ujar Iqbal disela-sela acara.

Selain masyarakat Sunda yang ada di Ponorogo, pada kesempatan ini hadir pula Korwil Jawa-Madura Forum Komunikasi Masyarakat Tatar Sunda Pangumbaraan Sarpin. Ketua Paguyuban Sunda Kab. Ponorogo Endang Jainuri, Ketua Formas Sunda Ngumbara Malang Raya Ade Syarif Hidayatullah, serta beberapa perwakilan masyarakat Sunda yang ada di Madiun dan mahasiswa asal Sunda yang ada di Jatim.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: