» » » » » » Forum Sejawat Gelar Pelatihan Citizen Journalism 2015 untuk Pelajar


Foto ; Dandim 0618/BS Letkol Inf Rudy M Ramdhan pagi tadi membuka pelatihan Citizen Journalism yang diselenggarakan bekerjasama dengan Forum Solidaritas Jurnalis Jawa Barat di Ririungan Forum Sejawat, Jalan Cicendo No.19 A, Selasa (28/4) Pagi.Dalam kesempatan tersebut Dandim juga memberikan Motivasi kepada ratusan pelajar yang tergabung dalam Citizen Journalism.Rudy juga membagikan pengalamannya kala bertugas di daerah, yang tidak jauh berbeda resikonya dengan jurnalis. Ratusan peserta terlihat sangat antusias dengan kegiatan tersebut.


SJO BANDUNG – Sekitar 120 siswa SMK Al-Hidayah Kota Cirebon dan Gabungan Citizen Journalism Kota Bandung mengikuti pelatihan Citizen Journalism, di Jalan Cicendo No 19 A Bandung, Selasa (28/04) Siang. Acara difasilitasi oleh Forum Solidaritas Jurnalis Jawa Barat (F Sejawat ) bekerja sama dengan portal berita Jabar Publisher  dan  Seputar Jabar Online (www.seputarjabar.com).  Juga didukung oleh Bank BJB, Pemprov Jabar, Kodim 0618/BS Bandung,  Kogartap II/ Bandung – Cimahi,  Grand Hotel Sovia, perusahaan Air Mineral ternama Viva Celebrity dan Toko Jam Dody.

Acara dipandu presenter  Bandung TV, Dewi Pratiwi, dan menghadiri  empat nara sumb er, yakni Wartawan Senior  yang juga Ketua FORUM SEJAWAT Zainal Muttaqien, Nana Ahmad Hanafi (Konsultan Media sekaligus Dirut PT. Lare Inovasi Media, Mantan Pentolan Jawa Pos Group),  Alif Nur Anhar (Kasubbag Publikasi Biro HPU Pemprov Jabar), dan Dandim 0618/BS Letkol Inf Rudy M Ramdhan.

Meski lesehan di karpet, para siswa  antusias menyimak paparan yang disampaikan para pembicara, yang dimulai sekitar pukul  9 pagi sampai berahir menjelang Dzuhur. Zainal Muttaqien menyampaikan dua materi, yakni mengenai eksistensi  Forum Sejawat dalam menularkan semangat Citizen Journalism, dan Proses Produksi Berita. Dalam materi kedua, Zainal memaparkan perbedaan produksi  berita untuk media cetak, radio, televisi dan internet.

Alif Nur Anhar sebagai pembicara kedua memotivasi peserta dengan berbagi pengalaman ketika dirinya sebagai wartawan sebelum menjadi   Kasubbag Publikasi Biro HPU Pemprov Jabar. Alif mengungkapkan kepada para peserta untuk selalu mengasah naluri jurnalistik dengan mencermati peristiwa atau keadaan di sekitar dan memupuk kebiasaan tergerak mengabarkan suatu peristiwa meski hanya melalui update status di jejaring sosial seperti Facebook.

dan Dandim 0618/BS Letkol Inf Rudy Ramdhan yang tampil sebagai nara sumber ketiga mengungkapkan pengalamannya saat bertugas di Aceh semasa DOM (Daerah Operasi Militer) ketika mendampingi para jurnalis yang meliput di wilayah konflik. Para pelajar yang antusias berebut melempar tanya kepada Dandim Kota Bandung.

Sedangkan Nana Ahmad Hanafi yang menyampaikan materi Prospek Bisnis Media mengungkapkan  bahwa pada era informasi digital saat ini keberadaan media online punya peluang berkembang lebih pesat. Prediksi tersebut dilandasi kenyataan kelebihan internet yang beritanya bisa menembus  batas geografis, penayangan dan pemuatannya tidak dibatasi halaman atau durasi, serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja .

Usai acara, Ketua Forum SEJAWAT Zainal Muttaqien mengatakan, kegiatan serupa akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah lain di Jabar, serta organisasi-organisasi remaja dan kepemudaan. Rencana tersebut untuk menumbuhkan semangat Citizen Journalism, sehingga dapat mengimbangi arus informasi yang selama ini lebih didominasi media mainstream. (Don/Sc)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. SEJAWAT,,, MANTAP!
    JP,,, NGERKAL!
    SJO,,, NGERII PAK!

    BalasHapus