» » » Dukung Kerangka Strategis Kemendikbud, Jabar Fokus Tingkatkan Mutu SMA/SMK

(SJO, DEPOK) – Dalam rangka mendukung kerangka strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) guna pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memfokuskan percepatan pembangunan pada pendidikan tingkat SMA/SMK di Jabar.

Usai menghadiri peresmian acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2015 oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbangtendik) Bojongsari, Sawangan, Depok, pada hari Senin (30/03), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengungkapkan bahwa menurut Undang-undang yang baru, kewenangan pengelolaan SMA dan SMK diserahkan kepada pemerintah daerah pada 2017 mendatang. Namun, Pemprov Jabar menargetkan kewenangan diserahkan mulai 2016, sehingga program pembangunan dapat segera dilaksanakan.

“Di Jabar kita sedang konsentrasi khusus untuk tingkat SLTA, karena tingkat SD dan SLTP sudah (dikelola) di Kabupaten/Kota," ungkap Aher.

“Memang edaran dari Kementerian Dalam Negeri-nya pemindahan kewenangan dari Kabupaten/Kota ke Provinsi itu paling lambat 2017, tapi Jawa Barat ingin 2016, supaya kita cepat melangkah untuk memetakan pendidikan di Jawa Barat untuk tingkat SLTA," paparnya lagi.

Pernyataan tersebut menjawab kerangka strategis yang dikemukakan oleh Mendikbud Anies Baswedan dalam RNPK yang akan digelar hingga 31 Maret 2015 mendatang. Anies mengungkapkan ada tiga kerangka strategis sebagai upaya untuk memfokuskan gerak langkah insan pendidikan, yaitu penguatan pelaku pendidikan dan kebudayaan, percepatan peningkatan mutu dan akses pendidikan, serta peningkatan efektivitas tata kelola birokrasi dengan pelibatan publik.

“Apa yang dikemukakan oleh Pak Menteri (Anies) itu luar biasa, komprehensif. Itulah wajah pendidikan ke depan yang harus kita lakukan," pungkas Aher.(*)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

Tidak ada komentar: