» » Pemegang Kartu Perlindungan Sosial Sudah Bisa Cairkan Dana

SEPUTAR JABAR COM - Terkait dengan keputusan Presiden Jokowi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi masing-masing sebesar Rp 2.000 untuk jenis Premium dan Solar, pemerintah sudah menegaskan bahwa tambahan dana produktif sebesar sekitar Rp 100 triliun salah satunya akan digunakan untuk memperkuat perlindungan sosial bagi keluarga miskin dan hampir miskin.

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa mengataka, dari 34 provinsi mulai besok akan ada kabupaten-kabupaten yang ditunjuk oleh PT POS, bahwa pemegang KPS (Kartu Perlindungan Sosial) mulai besok di 34 provinsi itu sudah bisa mencairkan dana perlindungan sosialnya dengan Kab/Kota yang akan ditunjuk.

“Jadi, mulai besok tgl 18, 19 November dan seterusnya sampai dengan 2 Desember semuanya sudah harus terealisir sesuai dengan pembagian distribusi yang sudah disiapkan oleh PT POS,” papar Khofifah dalam konferensi pers kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/11) malam.

Menurut Menteri Sosial, terakhir pada 2 Desember semua menurut rencana sudah harus terdistribusi. “Yang belum menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) maka bisa menggunakan KPS,” kata Mensos.

Khofifah menjelaskan, KPS ditujukan untuk warga tidak mampu yang belum mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Untuk data penerimanya,  saat ini sudah dipegang oleh PT POS sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam hal penyaluran.

Namun, Khofifah juga mengingatkan bahwa bantuan ini dalam bentuk simpanan. Sehingga, warga dapat mengambilnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

“Jadi boleh gak harus diambil langsung semua. Ide dasarnya masyarakat belajar untuk mengetahui kebutuhannya,” ujar Khofifah. (tim)

«
Posting Lebih Baru
»
Posting Lama

35 komentar:

  1. Mau tanya pak. Apakah ada perpanjangan untuk kartu perlindungan sosial yg masa berlakux berakhir tahun 2014.
    kalau di desa kami ada pertukaran kartu, jadi KPS pda thun 2016 di ganti dengan kartu yg baru, itupun tidak semua masyarakat yg mendpatkan kartu perlindungan sosial pada tahun 2014 mendapatkan kartu yg baru, dikarenakan tidak ada namanya di data baru. Padahal jelas-jelas warga itu merupakan warga miskin.
    Pertnyaannya kenpa bisa mendpatkan kartu perlindungan sosial kalau di datanya tidak ada. Atu mungkin ada pencabutan bagi penerima KPS.

    BalasHapus
  2. pertanyaan anda ngak mungkin gubris ibu...mereka pada sibuk sendiri2 ibu....

    BalasHapus
  3. Dari pertama ada bantuan blt blsm sampai tahun 2015 selalu didesa kami selalu dipotong rp100 000,
    Per kps dengan ancaman ;kalau tidak mau dipotong akan diganti pada yang lain atau di cabut dari daftar
    Pertanyaanya ;1.apa ada sangsi bagi pemotong
    2.apa bisa dicabut / dihapus /dialihkan dari daftar

    BalasHapus
  4. Benar, dan tidak ada sosialisasi kapan dana KKS 2016 akan dicairkan.
    Semua instansi seolah TIDAK tahu dan saling lempar informasi.
    Pihak POS pun selaku penyalur dana tidak memberikan informasi kapan KKS 2016 akan dijadwalkan pencairannya. Hingga tanggal 7 Juni ini tidak ada informasi sama sekali.

    BalasHapus
  5. Sudah setahun tdk ada kbar pencairan dana psks, pdhal ktax dana itu perbulan 200rb. Brarti pas nnti ada pencairan sharusnya 2,4jt dong...

    BalasHapus
  6. Sudah setahun tdk ada kbar pencairan dana psks, pdhal ktax dana itu perbulan 200rb. Brarti pas nnti ada pencairan sharusnya 2,4jt dong...

    BalasHapus
  7. Iya kenapa kartunya sudah di ganti waktu Minggu kemaren tp blm juga,katanya sudah bisa di cairkan tp pas di tanyain ke pos blm ada kabar lagi masih sepi.klo orang miskin pasti ngarep pak..

    BalasHapus
  8. Iya kenapa kartunya sudah di ganti waktu Minggu kemaren tp blm juga,katanya sudah bisa di cairkan tp pas di tanyain ke pos blm ada kabar lagi masih sepi.klo orang miskin pasti ngarep pak..

    BalasHapus
  9. Tolong diberi jawaban semua tanggapan yg diatas....masyarakat kecil udah pada menunggu....ngk lama lagi jg lebaran pasti butuh dana...

    BalasHapus
  10. Tolong diberi jawaban semua tanggapan yg diatas....masyarakat kecil udah pada menunggu....ngk lama lagi jg lebaran pasti butuh dana...

    BalasHapus
  11. sy br menerima krtu ini hr ni,dr slhsatu kandidat balon pilkada thn ni,penerima bantuan ni adalh bapaku yg sdh udzur&dirawat sdra plng sulung jauh didaerh jawa tengah,katanya kartu KKS bpk sy ni,slma ini tertahan,masa berlaku yg trcantm pd krtu tsb terhitung dr 2014-2019,sy sbgai wali sah yg tercantum di kartu tsb,mw mengurusinya utk keperluan perawatan&berobat bpk yg sdh tdk bs apa2 lg,sy mengharpkn bantuan tsb jikalau bnr2 cair,disini tercantum phk kntor pos sbgai biro yg ditunjuknya
    pertanyaan sy:
    1.kpn wktunya pencairan dana trsbt skrng,krna bantuan tsb sngt sy hsrapkan demi keprluan berobat bpk,slma ni sy blm satu rupiahpn hdp ada dr bantuan negara trcinta ini,atw dr parpol2 manapun,malah pajak&sejumlh kprluan biro negara yg sy taati bayar trs slma sy hdp ditanah negri trcinta ini
    2.berapa bantuan yg akn diterima bapak sy,terhitung yg trcantum dikartu dr 2014-skrng,krna blm sepeserpn sy dpti bantuan
    sy layangkan pemberithuan ini kpda KEMENSOS&phk2 pjbt pmrntah yg terkait,utk sgra ditanggapinya,trms..
    ttd:kang adji dr kota.Tasikmalaya JABAR

    BalasHapus
  12. NB:
    3.knpa jg kartu KKS bpk sy ni ko bs2nya tertahan,ga sampai phk yg bersangkutan,dan baru skrng bs sampai phk terkait(2014-2019 ms berlaku) mekanismenya seperti pencitraan sj dr slhsatu balon pilkada di kota sy ni,krna bantuan tsb sngt km harapkan mengingt bpk sy yg berhak menerimanya,trs2an sdng dlm proses berobat jalan,memerlukan biaya trs

    BalasHapus
  13. intinya banyak penerima KKS yang tidak tepat sasaran.... dan pengajuan dari desa yang sesuai tidak di realisasi sehingga KKS yang keluar masih data-data yang terdahulu sungguh aneh dan menyedihkan indonesia ini

    BalasHapus
  14. website seperti ini saja tidak terurus bagaimana para pemimpin kita mengurus rakyatnya....... tolong diperhatikan jangan diam saja........ kalian ini lulusan sarjana semua... jangan berpura-pura BODOH

    BalasHapus
  15. Yang Bikin Situs Ini Pasti Lagi Ngarep THR juga... Hhhhhhh

    BalasHapus
  16. Apakah pemegang kartu kks lebaran ini gak bisa menerima bantuan pak... kapan dananya cair pak... kasihan klu lebaran gak cair dananya pak...

    BalasHapus
  17. Apakah pemegang kartu kks lebaran ini gak bisa menerima bantuan pak... kapan dananya cair pak... kasihan klu lebaran gak cair dananya pak...

    BalasHapus
  18. Apakah pemegang kartu kks lebaran ini gak bisa menerima bantuan pak... kapan dananya cair pak... kasihan klu lebaran gak cair dananya pak...

    BalasHapus
  19. Ada yang sudah punya kartu KKS dan mendapat sim card IM3?
    tadi saya sudah dapat telfon untuk pengambilan dana BLT menggunakan bank mandiri tapi berhubung saldo di atm saya 90rb jadi tidak bisa melakukan transaksi.
    Yg saya bingungkan dan belum percaya, kenapa jika orang itu (yg mengaku ingin mengirim dana BLT) bilang kalau saldo saya harus minimal 100.000 sedangkan kalau dia mau kirim dana BLT kan saldo saya jadi bertambah ya dan pasti bisa melakukan transaksi?
    apa ini penipuan atau bagaimana?
    apa di sini ada yg seperti saya?

    BalasHapus
  20. saya pemegang kartu kps wilayah sidoarjo sdh 1 thn ini wilayah kami tidak ada pencairan dana kps

    BalasHapus
  21. Kemana ku harus mengadu...beberapa media pemerintah hanya memberitakan kesuksesan program kalo ada komplen gak digubris....cape deh..

    BalasHapus
  22. Semakin banyaknya program dari pemerintah semakin banyak juga kericuhan dimasyarakat,, Alasannya: Karena program tersebut tidak tepat sasaran

    BalasHapus
  23. iya ne,,yg ditunggu2 kok gk cair2..di tunggu lebaran gak keluar,,pas msuk anak sekolah jg gak keluar,,sebenarnya benaran keluar gak sih

    BalasHapus
  24. Lebaran,masuk sekolah dah lewat.apa dananya cuma lewat aja ga mampir pondokgede....

    BalasHapus
  25. Info dr kantor pos, kks cair kalo ada program pemerintah tertentu, misalnya harga bbm naik, sementara harga bbm naik - turun-naik - turun..atau kenaikan harga sembako.dan ga tau waktunya kapan, jd d pantau trs, dr kantor pos atau dr aparat desa, hrus aktif k warga juga, jika sewaktu2 dana tsb cair

    BalasHapus
  26. Info dr kantor pos, kks cair kalo ada program pemerintah tertentu, misalnya harga bbm naik, sementara harga bbm naik - turun-naik - turun..atau kenaikan harga sembako.dan ga tau waktunya kapan, jd d pantau trs, dr kantor pos atau dr aparat desa, hrus aktif k warga juga, jika sewaktu2 dana tsb cair

    BalasHapus
  27. coba deh yg ada di sini tannya pada aparat2 desa kalian karna info nya ada di kelurahan kalian masing2 sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  28. coba deh yg ada di sini tannya pada aparat2 desa kalian karna info nya ada di kelurahan kalian masing2 sekian dan terimakasih

    BalasHapus
  29. Selamat Datang
    S1288poker.com
    Menang Ceme
    Bandar Ceme
    Ceme Online
    Ceme 99
    Qiu Ceme
    Contact Person :
    WA : 087782869981
    BBM - 7AC8D76B

    BalasHapus