Beranda » » Hasil Hitung Cepat: Pasangan RIDO Menang Satu Putaran di Pilwalkot Bandung

Hasil Hitung Cepat: Pasangan RIDO Menang Satu Putaran di Pilwalkot Bandung

Minggu, 23 Juni 2013 | 23.18

(SJO, BANDUNG) – Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung periode 2013-2018 hampir dipastikan berlangsung satu putaran, dan dimenangkan oleh  pasangan Ridwan Kamil - Oded . Danial. Berdasarkan hasil hitung cepat, pasangan nomor 4 yang diusung Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra ini mengungguli tujuh pasangan lainnya dengan perolehan suara sekitar.44,55 persen.

Hitung cepat oleh Jaringan Survei Indonesia (JSI) tersebut mengambil sampel dari 270 TPS, total suara 62.351. "Kemungkinan dipastikan menang, karena perolehannya suaranya sangat jauh sekali," kata Direktur Riset JSI Eka Kusmayadi kepada wartawan di di Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/6/2013).

Di posisi kedua ditempati pasangan nomor urut 1, yakni, Edi Siswadi - Erwan Setiawan yang diusung Partai Demokrat dengan perolehan 17,63 persen. Kemudian dikuntit pasangan nomor urut 5 yang disusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 15,38 persen.

Pasangan independen nomor urut 2, Wahyudin Karandinata-Toni Apriliani menempati urutan empat dengan 8,06 persen. Kemudian, pasangan nomor 6 yang diusung Partai Golkar, yakni, MQ Iswara- Asep Dedi Ruyadi 7,92 persen.

Adapun tiga terakhir pasangan independen, yakni, pasangan nomor urut 7, Budi Setiawan - Rizal Firdaus 2,93 persen. Wawan Dewanta - M Sayogo 8, 06 persen, dan Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim 1,38 persen.

Eka menambahkan, hasil hitung cepat ini menunjukkan warga Bandung ingin perubahan. Sosok intelektual muda di tubuh Ridwan Kamil dinilai cocok untuk membawa Bandung menjadi kota yang lebih baik.
Selain itu, kasus hukum yang secara tidak langsung terkait dengan beberapa pasangan, diduga turut mempengaruhi hasil pemilihan.  Pasangan Ayi dan Nani yang dianggap menjadi pesaing utama dalam beberapa surveinya justru merosot ke peringkat tiga. Diduga hal ini ada kaitannya dengan kasus suap hakim yang menjerat nama Dada Rosada, karena Nani merupakan Istri Dada Rosada. Begitu juga dengan Edi Siswadi yang saat ini bolak-balik ke KPK untuk memberikan kesaksian.

Berikut urutan perolehan suara hasil hitung cepat JSI:
1. Ridwan Kamil-Oded M Danial: 44,57%
2. Edi Siswadi-Erwan Setiawan: 17,64%
3. Ayi Vivananda-Nani Suryani: 15,35%
4. Wahyudin Karnadinata-Toni Apriliani: 8,07%
5. MQ Iswara-Asep Dedi Ruyadi: 7,93%
6. Budi Setiawan-Rizal Firdaus: 2,94%
7. Wawan Dewanta-M Sayogo: 2,16%
8. Bambang Setiadi-Alex Tahsin: 1,34%. (r22)

0 komentar:

Poskan Komentar

SERBA SERBI RAMADHAN

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2014. SEPUTAR JABAR ONLINE - All Rights Reserved - Pengelola: BANDUNG MEDIA CITRA (BMC)

NEWS ROOM