Beranda » » Perlu Revitalisasi untuk Lestarikan Seni Tradisi

Perlu Revitalisasi untuk Lestarikan Seni Tradisi

Minggu, 17 Maret 2013 | 05.12

(SEPUTAR JABAR ONLINE, BANDUNG) - Salah satu upaya untuk menggali dan memunculkan kembali kekayaan kesenian tradisi Sunda adalah dengan merevitalisasi. Demikian disampaikan budayawan Sunda, Abah Nanu, Jumat (15/3/2013).

Menurut Abah Nanu, lewat revitalisasi keanekaragaman budaya akan tumbuh ajeg dan lestari. Dengan demikian kesenian tradisi tidak punah oleh pengaruh arus glabolisasi yang begitu kuat. Dengan kata lain, revitalisasi budaya merupakan upaya  menjaga keutuhan kesenian tetap agar potensinya tergali dan tetap ajeg.

Revitalisasi adalah suatu gerakan atau upaya untuk membangun kebudayaan yang lebih memuaskan. Maka dengan menata ulang atau menggali kembali kesenian tersebut secara menyeluruh tentunya akan sangat berarti, dalam arti kata dorongan pada taraf kultural itu menjelma menjadi revitalisasi. "kegunaan gerakan revitalisasi adalah untuk memberikan arti pada sesuatu yang telah tercerai berai dan kehilangan makna,” kata Abah Nanu.

Pemerintah dalam mengambil kebijakan, katanya, harus lewat pemetaan terlebih dahulu.  Setelah itu baru melihat keberagaman kebudayaan yang ada di Jawa Barat. Dalam merumuskan harus lewat pemetaan terlebih dahulu, sejauh mana kesenian yang berkembang di Jawa Barat atau yang tidak berkembang. (Sayah Andi)

0 komentar:

Poskan Komentar

INFO GEDUNG SATE

LIPUTAN KHUSUS

 
Media Group : Jabar Zone | Inohong
Copyright © 2010-2014. SEPUTAR JABAR ONLINE - All Rights Reserved - Pengelola: BANDUNG MEDIA CITRA (BMC)

NEWS ROOM